SMK Pusat Keunggulan Khusus Otomotif di Kalsel Resmi Buka Bengkel Motor dan Mobil

By Admin 07 Mar 2022, 13:15:35 WIB Pendidikan
SMK Pusat Keunggulan Khusus Otomotif di Kalsel Resmi Buka Bengkel Motor dan Mobil

MARABAHAN, klikkalsel.com – SMKN Negeri 2 Marabahan resmi membuka bengkel motor dan mobil, Rabu (2/3/2022). Bengkel sekolah yang berdomisili di Jalan Trans Kalimantan, KM 23, Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala itu berkolaborasi dengan Suzuki dan Honda untuk melayani masyarakat.

Sekolah yang dikepalai Agustin Purnomosari itu saat ini mengimplementasikan program DUDIKA. Istilah ini singkatan dari dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja yang merupakan pembelajaran inti visi sekolah kejuruan.

“Alhamdulillah sekolah kami telah resmi membuka bengkel SMK dan teaching factory. Acara tersebut juga bersamaan dengan penyerahan bantuan sepeda motor dari PT trio motor Honda dan juga MOU dengan Trio Motor Honda dan DUDIKA pendamping SMKN 2 Marabahan sebagai SMK pusat keunggulan khusus otomotif,” tuturnya melalui Edward selaku Humas SMKN 2 Negeri Marabahan.

Edward menambahkan, keahlian para peserta didik di bidang otomotif mendapat kepercayaan Honda Trio Motor. Hal itu pun berlanjut pada MoU Pos Servis dengan pihak sekolah.

Tak hanya piawai di bidang otomotif motor, rupanya para peserta didik SMKN 2 Marabahan juga mahir pada perbaikan mobil. Khusus bengkel mobil, sekolah ini menjalani MoU dengan Mitra Megah Profitamas Suzuki.

Edward mengatakan, untuk bengkel motor dan mobil murni dioperasikan para peserta didik bekal pembelajaran teaching factory di sekolah. Ada beberapa pihak yang andil dalam program tersebut.

Peninjauan bengkel mobil SMKN 2 Marabahan

Teaching factory di sekolah sendiri mendapatkan pendampingan dari pihak Trio Motor Honda dan Mitra Megah Profitamas Suzuki. Tak hanya itu, Direktorat SMK Kementerian Pendidikan juga turut andil membantu pada fasilitas dan peralatan otomotif.

“Untuk bengkel sepeda motor ada 5 orang tenaga inti dan bengkel mobil juga 5 orang. Mereka seluruhnya siswa kelas XII, yang juga dibantu para adik kelasnya,” pungkasnya yang juga sebagai Ketua Teaching Factory SMKN 2 Marabahan.

Tempat pelayanan otomotif di SMKN 2 Marabahan yang baru diresmikan itu diberi nama Bengkel JITU. Peresmian bengkel ini dihadiri PLt Kepala Disdikbud Provinsi Kalsel Muhammadun, Trio Motor Honda dan Mitra Megah Profitamas Suzuki.

“Bengkel beroperasi setiap hari dan jam kerja, tetapi apabila ada mobil off name tetap kami kerjakan di luar jam kerja. Untuk jasa servis masih gratis satu bulan ke depan, tetapi oli dan sparepart dikenakan biaya,” tandasnya. (rizqon)

Editor: Abadi

https://klikkalsel.com/smk-pusat-keunggulan-khusus-otomotif-di-kalsel-resmi-buka-bengkel-motor-dan-mobil/




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment